DUTA LOMBOK "MENGINFORMASIKAN DESTINASI WISATA DI LOMBOK" AYO WISATA KE LOMBOK AYO WISATA KE LOMBOK

Minggu, 25 Mei 2014

PURA BATU BOLONG

Tidak jauh dari Senggigi Lombok terdapat Pura Batu bolong yang pemandangannya tidak jauh berbeda dengan Tanah lot yang berada di daerah Bali. Batu bolong merupakan pura kecil yang terletak diatas batu karang yang menghadap ke pantai. Selain itu, pemandangan sunset di sore hari sangat bagus. 


Setiap pengunjung yang mau masuk ke pura ini diharuskan memakai kain berwarna kuuning di pinggang layaknya pengunjung pura-pura di Bali. Kenapa diharuskan, kain yang dipake  merupakan bentuk penghormatan dan cara menjaga kesopana di pura, karena pura merupakan tempat ibadat keagamaan.  Wanita yang sedang berhalangan atau kedatangan si Merah dilarang untuk masuk ke area pura ini. 

Kenapa dikatakan Pura Batu bolong?. Nama batu bolong diambil sesuai dengan tempatnya di atas batu yang bolong di tengah. Batu yang bolong tersebut menjadikan tempat ini terlihat unik, indah dan menawan dipandang mata. Di depan dekat pintu terdapat pura Ratu Gede Mas Mecaling. Setiap pengunjung yang masuk diharuskan membayar sebesar 10.000 rupiah.

Pura ini memiliki peranan penting dalam sejarah penyebaran dan perkembangan Agama Hindu di Bali dan Lombok. Oleh karena itu, tempat ini dahulunya sering diadakan upacara pengorbanan seorang perawan untuk sajian ikan hiu dan disini merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut kalau sedang patah hati. Seorang Pendeta asal Jawa timur melakukan perjalanan spiritual kemudian singgah di Batu Bolong. 

Tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi pemeluk agama hindu, Batu Boong juga ramai dikunjungi oleh masyarakat Lombok yang beragama Islam. Lihat saja ketika waktu lebaran, masyarakat Lombok yang beragama Islam beramai-ramai datang ke pantai yang terdapat di depan pura. Disinilah kita akan melihat kebersamaan yang harmonis antar umat beragama di pulau yang bergelar Seribu Masjid ini.

Apabila anda dalam perjalanan dan melewati tempat ini, sempatkanlah untuk berhenti sejenak untuk melihat-lihat dan mungkin mengambil beberapa foto. Tetapi apabila anda berada di bagian pulau Lombok lain di luar area Senggigi, tidak perlu memaksakan diri untuk menuju Pura Batu Bolong karena tidak banyak yang bisa dinikmati di pura Ini.

Terletak kurang lebih 12 km dari kota Mataram, Batu Bolong sangat mudah diakses oleh wisatawan maupun orang yang berdoa di tempat ini. Di sekitar pura banyak terdapat penginapan seperti Hotel hingga Resort. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas dan akomodasi.







0 komentar:

Posting Komentar