DUTA LOMBOK "MENGINFORMASIKAN DESTINASI WISATA DI LOMBOK" AYO WISATA KE LOMBOK AYO WISATA KE LOMBOK

Rabu, 25 Juni 2014

Air Terjun Benang Setokel


Lombok saat ini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara. Eksotisme pantai, Keindahan air terjun dan kealamian alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau mungil yang terletak di sebelahnya Bali ini.

Lombok memang terkenal dengan keeksotisan pantainya, tapi perlu pembaca ketahui bahwa selain wisata pantai, Lombok masih menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang harus dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang sayang dilewatkan ketika liburan ke Lombok adalah wisata Air terjun. Air terjun di Lombok lebih dari sepuluh lokasi, dan setiap air terjun tersebut menyimpan keunikan dan keindahan tersendiri.

Salah satu air terjun yang indah adalah air terjun Benang Setokel yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Nama Benang Stokel dalam bahasa setempat Benang “benang” Setokel “gumpalan”  jadi Benang Setokel berarti segumpal benang. Diberi nama Benang Setokel karena air yang jatuh menyerupai benang yang diikat menyatu.

Keunikan Benang Setokel adalah karena memiliki 2 terjunan air, disebelah kiri memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan yang kanan.  Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter dengan kolam kecil di bawahnya tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas. 

Suasana yang tenang, teduh dan sejuk akan anda nikmati di kawasan wisata ini, kepenatan karena aktifitas sehari-hari anda di kantror akan hanyut bersama air yang mengalir  ke sungai.  Fikiran yang tadinya sumpek karena urusan kantor akan jernih kembali sejernih air terjun yang mengalir dari kaki Gunung Rinjani ini.  

Masayarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Benang Stokel menjadi tempat Dewi Anjani Dewi penunggu Gunung Rinjani pada waktu tertentu turun untuk mandi, membersihkan  rambut dan membersihkan dirinya. Selain itu, Benang Setokel dijadikan jalur pendakian oleh orang-orang sakti yang ingin bertapa di Gunung Rinjani. Dan uniknya lagi, masyarkat setempat masih percaya bahwa air terjun ini bisa membuat kita setahun lebih muda dan bisa  menyembuhkan rambut rontok.

1 komentar:

  1. Terjun Benang Stokel menjadi tempat Dewi Anjani Dewi penunggu Gunung Rinjani pada waktu tertentu turun untuk mandi, membersihkan rambut dan membersihkan dirinya..sperti yg ada pada film :D

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus