DUTA LOMBOK "MENGINFORMASIKAN DESTINASI WISATA DI LOMBOK" AYO WISATA KE LOMBOK AYO WISATA KE LOMBOK

Selasa, 24 Juni 2014

Air Terjun Bikin Awet Muda


Salah satu tujuan wisata indonesia yang diimpikan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah pulau Lombok, karena disini banyak terdapat tempat yang eksois dan kondisi alamnya masih alami. Keindahan bawah lautnya yang sangat asri, bebas polusi serta pantai yang menawan menjadikan Lombok menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Beberapa lokasi wisata pantai yang menjadi tempat favorit para wisatawan adalah pantai Senggigi, Trawangan, Kuta lombok dan Selong Blanak. 

Selain wisata pantai yang menyegarkan, Lombok juga masih menyimpan banyak sekali tempat wisata yang sayang bila dilewatkan. wisata alam yang menjadi pilihan para wisatawan adalah air terjun, karena Wisata Air Terjun di Lombok sangat indah dan mempesona, keasrian dan keanggunannya akan membuat anda terpesona ketika anda berada di tempat ini. Yang banyak dikunjungi Para wisatawan adalah Air terjun Sendang Gile, Air terjun tiga Warna, Benang Setukel, Air terjun Batara Lejang dan masih banyak lagi wisata air terjun yang terdapat di pulau dengan luas 5.435 km² ini . 

Dari beberapa lokasi air terjun tersebut sebenarnya masih banyak lagi lokasi air terjun yang indah, tapi yang saya sebut di atas tadi merupakan air terjun yang sering dikunjungi para wisatawan.

1.    Air terjun Sendang Gile

Tinggi air terjun ini sekitar 35 meter dengan air yang dingin dan sangat jernih. Para wisatawan akan menghabiskan waktu bermain air, berendam bersama pasangan di dalam air yang berasal dari kaki gunung Rinjani ini. Selain airnya yang masih sangat bersih, alami, jernih dan tentunya menyegarkan, Deretan pepohonan dan tumbuhan menghiasi menjadikan tempat ini semakin istimewa. Untuk menuju keindahan sendang gile, anda akan menapaki kurang lebih 500 anak tangga yang menjadikan perjalan menuju ke air terjun semakin berkesan.

Yang menjadikan tempat ini istimewa adalah cerita legenda yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat sasak. Konon, jika kita membasuh muka, mandi dan berendam di air terjun ini kita akan awet muda. Terlepas dari mitos atau legenda tersebut, Sendang Gile memang tempat yang indah untuk dinikmati. Air terjun yang merupakan gerbang bagi para pendaki gunung Rinjani ini terletak di Desa Senaru Bayan Lombok Utara.

2.    Air Terjun Otak Kokok

Bagi yang suka camping dan para pecinta alam, Otak kokok merupakan tempat yang pas karena disini sudah tersedia camping ground. Selain itu, Otak Kokok menawarkan pemandangan yang sejuk dan menawan bagi para pengunjung. 

Obyek wisata yang terletak di Desa Montong Betok, Montong Gading Lombok Timur ini juga terdapat kolam renang, gazebo, dan tempat peristirahatan bagi para wisatawan. Terjunan air di Otak sekitar 5 meter,  Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Otak kokok juga tidak lepas dari legenda, konon Air terjun yang di kenal juga dengan sebutan air Terjun Joben ini berkhasiat menyembuhkan penyakit. Jika buih air yang menyentuh badan berubah warna menjadi putih, artinya badan anda terkena penyakit.

3.    Benang Setokel

Kawasan air terjun Benang Stokel memiliki keindahan yang sangat luar biasa kesejukan airnya membuat hati menjadi tenang. Suasananya yang nyaman, asri bisa menghilangkan kepenatan dan membuat pikiran jernih kembali. Airnya yang tertutup hijaunya daun menjadikan tempat ini semakin mempesona dipandang mata, pepohonan yang berbaris rapi membuat suasana alamnya semakin terasa. 

Bentuk air benang Stokel menyerupai benang yang diikat menyatu, dari sinilah kemudian nama Benang Setokel ini diambil karena Benang Setukel menurut masyarat setempat berarti Segumpal Benang. Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 terjunan air yang berketinggian sekitar 30 meter.  Air terjun disebelah kiri memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang kanan.  

Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Benang Setokel dipercaya  masyarakat setempat menjadi tempat membersihkan diri Dewi Anjani. Konon Dewi Anjani penunggu Gunung Rinjani pada waktu tertentu turun ke Benang Setokel untuk mandi dan membersihkan rambutnya. Oleh karena itu, warga setempat masih percaya kalau Benang Setokel menjadi tempat untuk mengobati rambut rontok.

4.    Air Terjun Tiu Kelep

Airnya yang besar dan deras serta bertingkat-tingkat membuat Tiu Kelep istimewa dari yang lain. Air terjun yang terletak Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara ini memiliki kolah yang terletak dibawah air terjun yang kedalamnnya sepinggang orang dewasa. Dasarnya yang lembut membuat para pengunjung mudah untuk bermain dan berenang.

Nama Tiu Kelep sendiri berarti Terbang yang menggambarkan bahwa buih-buih air terjunnya berterbangan di kolam. Masyarakat setempat masih mempercayai bahwa kalau mandi di air terjun ini akan membuat anda awet muda.


1 komentar:

  1. saya juga sering dengar kalau di otak kokoq bisa sembuhin penyakit gitu ,bagi yg percaya aja)

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus