DUTA LOMBOK "MENGINFORMASIKAN DESTINASI WISATA DI LOMBOK" AYO WISATA KE LOMBOK AYO WISATA KE LOMBOK

Selasa, 15 April 2014

BENTENG, KUPU-KUPU LANGKA BANGKO BANGKO


Kapal-kapal nelayan berjejeran di bibir pantai, deburan ombak menyapu apa saja yang terdapat dipasir putihnya. Senyum manis dan sambutan ramah dari masyarakat membuat para pendatang merasa nyaman dan damai berada di sini. Pulau Lombok memang penuh dengan pesona pantai yang tak habis-habisnya untuk dijelajahi. Banyak destinasi wiasata tersembunyi di pulau mungil ini yang tak kalah indahnya dengan pesona pantai manapun. Tempat yang biasanya dikunjungi para wisatawan ketika berlibur adalah senggigi, Trawangan, Selong Belanak dan Kuta. Padahal masih banyak lagi tempat yang keasrian, keindahannya tidak kalah dengan Senggigi. Salah satunya adalah Pantai Bangko-bangko. 

Pantai ini memang terdengar asing di telinga para wiatawan asing, tapi kawasan pantai ini menawarkan kecantikan, keindahan, kenyamanan dan keunikan pemandangan yang sangat luar biasa. Bangko-bangko merupakan kawasan patai yang berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, tepatnya di Desa Batu Putih. Kawasan ini merupakan surganya para pecinta surfing karena ombaknya yang panjang dan saling bersambung.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara (wisman) untuk menaklukkan ganasnya ombak Bangko-bangko dan berjemur di bibir pantai. Bagi wisatawan yang baru mau belajar bermain surfing di sinilah tempatnya. Setelah anda capek bermain air, anda bisa memesan menu makanan dan minuman dari warga sekitar yang berjualan. 

Selain memiliki panorama yang indah, pantainya yang anggun, air bawah lautnya yang perawan, Bangko juga menyimpan spot-spot strategis yang sering dikunjungi para pecinta mancing mania. Anda bisa memancing dengan tehnik casting dari rockcasting dan popping dengan menyewa perahu nelayan. Jangan heran kalau anda sering stike, karena disini banyak sekali ikan yang siap menyambar kail para pemancing, oleh karena itu ketika anda memancing disini, bersiaplah untuk pesta strike. Biasanya, para pemancing menyewa kapal dari pantai Ampenan untuk mancing dengan tehnik popping dengan target ikan GT dan tuna.

Bagi para wisatawan yang senang tracking, di Bangko bangko terdapat tempat yang indah dan asik untuk jelajahi. Luas 2.169 hektare hutan magrove menjadi taman wisata bangko-bangko yang siap dijelajahi. Di taman ini, anda akan meneukan banyak sekali jenis tanaman yang biasa tumbuh di di pantai seperti Bruguiera, Soneratiaceae, Pandanaceae. Tanaman hutan dataran rendah juga anda bisa menemukannya disini seperti bajur, kesambi dan waru, selain itu pemandangan di taman ini, anda akan disambut dengan suara elang bondol, ayam hutan dan elang laut. Jika beruntung, Anda akan menjumpai kupu-kupu langka yang dilindungi yakni Trocles Helena. Selain menjumpai yang tadi, Di tepi tebing hutan ini, Anda akan menjumpai sisa reruntuhan benteng masa penjajahan Jepang beserta meriamnya, anda jangan melewatkan sesi foto ketika sampai disini. 

Bangko Bangko bisa ditempuh dari Bandara International Lombok (BIL), kemudian turun di Mataram via Sekotong dengan jarak tempuh sekitar 70 km dengan waktu kurang lebih 2 jam. Jika anda menggunakan angkutan umum, naik bus dari Terminal Mandalika Bertais dengan tujuan Lembar, kemudian sampai di Terminal Lembar naiklah angkutan umum menuju Labuhan Poh.

0 komentar:

Posting Komentar